Header Ads

Sebaiknya segera jauhkan diri Anda dari internet!


Memang benar jika ada pernyataan bahwa tak ada yang aman di internet, termasuk privasi kita. Terbukti, program mata-mata milik NSA ternyata memiliki teknologi yang bisa menyadap internet meskipun sudah dienkripsi.
Seperti yang dilansir oleh The Verge (5/9), sebuah laporan yang dibocorkan oleh The Guardian dan NY Times menyebutkan bahwa NSA dan GHCQ melakukan sebuah upaya untuk bisa membobol segala bentuk enkripsi internet. Bahkan, enkripsi yang dianggap paling aman seperti HTTPS dan SLL pun terbukti bisa dibuka oleh NSA.
Bocoran ini menyebutkan bahwa NSA sebenarnya sudah sejak 10 tahun lalu berupaya untuk membobol enkripsi internet dari berbagai sudut. Hal ini salah satunya dilakukan dengan cara haram seperti melakukan brute-force hingga menggunakan malware.
Sebagai contoh dari aktivitas ini adalah apa yang terjadi pada 2006 ketika NSA terbukti bisa membongkar enkripsi dengan cara memasukkan backdoor. Hal ini sendiri kemudian ketahuan dan dianggap ulah pemerintah, namun hingga kini belum ada bukti kuat yang mengarah ke sana.
Dengan adanya temuan ini sendiri membuktikan bahwa seaman apapun internet ternyata tak bisa dianggap aman. Terbukti, pihak pemerintahan seperti NSA pun ternyata juga menggunakan jalan ilegal untuk mendapatkan data yang mereka inginkan.
[nvl]
Sumber : www.merdeka.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.