Header Ads

Membuka File ISO Dengan Software Virtual Drive

file iso

Kadang kita kebingungan jika ingin install software ternyata doftware dalem bentuk file ISO. Mau di unrar file ISO kebetulan sangat besar hingga memakan banyak waktu, mau pakai cara lain bingung pakai cara apa. Nah disini saya akan sharing pengalaman keseharian saya waktu me-manage file ISO. Karena ternyata banyak temen disekitar saya yang bingung dengan file ISO. Akhirnya dengan kemampuan bahasa yang terbatas, saya coba sharing pengalaman saya.

Saya biasa mengconvert file penting dengan file ISO, dengan harapan bisa meminimalisir terjangkit virus komputer. Virus komputer lho ya, bukan viirus corona... Hehehehe...

Disini kita nanti bukan meng-unrar file ISO tetapi meng-mount file ISO ke virtual drive. Sehingga lebih cepat daripada kita meng-unrar file tersebut. Untuk bisa menciptakan drive virtual di komputer kita, kita membutuhkan software pihak ketiga. Software tersebut adalah diantara nya :

  • Daemon Tools Lite : merupakan program gratis yang bisa membuat emulator/virtualisasi sampai 4 CD/DVD Rom dan isi CD/DVD Rom tersebut bisa berasal dari file yang disebut images yang tersimpan di hardisk. File gambar ini merupakan file duplikasi dari CD/DVD yang disimpan ke hardisk. Karena banyak nya update, saya kurang yakin bisa berjalan mulus dengan update terakhir. Sebaiknya gunakan Daemon Tool Lite Ver. 5. Mending download file di FileHippo karena disana terdapat versi Daemon yg lawas juga. Download disini.
  • DVDFab Virtual Drive : emulator yang dapat mengemulasikan virtual yang maksimal 18 drive untuk kedua DVD dan Blu-ray. Download disini.
  • Virtual CloneDrive : Jangan salah ya, software tidak dapat digunakan untuk kloning CD atau DVD, namun aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat virtual drive yang kita gunakan untuk mount file ISO. Download disini.
  • WinCDEmu : merupakan sebuah emulator CD / DVD / BD yang berfungsi untuk me-mount virtual cakram optik CD/DVD/BD hanya dengan klik di Windows Explorer. Download disini.
Untuk mengistall software diatas, ada baiknya kamu install Net Framework dahulu, karena biasanya software tersebut memerlukan Net Framework.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.