Header Ads

Kriteria Operator Warnet


Salah satu kunci dari berhasilnya usaha warnet adalah cara kerja operator warnet tersebut. Sebagai ujung tombak, operator warnet sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah warnet. Tanpa operator yang dapat di andalkan akan susah untuk berkembang walaupun warnet dilengkapi dengan fasilitas wah dan keren.
Seampuh apapun sistem keamanan untuk billing, tanpa kesadaran dan kejujuran seorang operator semua itu tidak akan ada gunanya.

Sudah banyak bukti bahwa kecurangan pegawai bisa membawa dampak yang hebat bagi kredibilitas sebuah usaha. Mengapa? salah satunya adalah hilangnya kepercayaan karena dimaknai sebagai perusahaan yang tidak bisa memberikan pendidikan yang layak untuk karyawan serta di cap sebagai usaha dengan manajemen yang buruk.
Nah untuk mengantisipasi kegagalan dalam bisnis warnet maka SDM untuk operator ini perlu diperhatikan. Berikut ini kriteria yang harus dimiliki SDM (sumber daya manusia) operator warnet yang sangat menunjang keberhasilan :
  1. Sikap (ramah, komunikatif, tanggap, punya keinginan untuk belajar)
  2. Skill (mengerti dunia komputer baik hardware atau software, masalah jaringan)
  3. Sifat (jujur, amanah, terbuka)
  4. Religius, orang yang religius dalam hal ini paham, taat dan suka mengamalkan agama cenderung jujur dan bisa dipercaya, jauh dari perbuatan yang kurang baik, disiplin serta tidak menyukai kecurangan.
  5. Berjiwa maju, mau ikut serta mengembangkan usaha. Orang yang seperti ini sangat diperlukan dan mereka layak diberikan perolehan berupa bagi hasil.
Sehebat apapun hardwarenya, semewah apapun fasilitasnya atau bahkan secepat dan sestabil apapun koneksinya, semua pasti tergantung pada ujung tombaknya. Ibarat sebuah perang, perang Vietnam - Amerika dapat dijadikan pelajaran.
Demikian sekelumit hal yang mungkin bisa kita jadikan cermin.


Kredit to GameWarnet.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.