Header Ads

Perbedaan Layar TFT, IPS Dan AMOLED

Perbedaan Layar TFT, IPS Dan AMOLED

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi OLED (Organic light-emitting diode) yang diklaim menghasilkan tingkat kehitaman lebih gelap, warna lebih cerah dan tampilan layar dapat terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari langsung. Kelebihan dari AMOLED adalah penggunaan daya yang relatif lebih hemat.

Sedangkan TFT (Thin Film Transistor) adalah tipe layar jenis yang menggunakan teknologi LCD yang berwarna terbaru sehingga mampu menghadirkan ketajaman warna lebih baik, jenis teknologi layar ini disebut Active-Matrix Color Display. TFT menempatkan transistor di setiap piksel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual. Kelemahan yang dimiliki layar LCD jenis TFT ini adalah relatif lebih mahal dan konsumsi baterai lebih besar ketimbang AMOLED.

IPS (In-plane switching) merupakan salah satu teknologi LCD TFT untuk meningkatkan kualitas reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Sehingga saat dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pengguna masih dapat melihat layar dengan baik. Untuk konsumsi dayanya sendiri karena dia dalam jenis LCD jadi konsumsi daya lebih besar seperti TFT.

AMOLED dan IPS memiliki kualitas yang hampir sama dan lebih bagus dibandingkan TFT, namun keduanya memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.